Nasib Bank

Kolom Analisis Fajar “Nasib Bank” oleh Rektor IBK Nitro, Prof. H. Marsuki, DEA, Ph.D. beliau mengatakan bahwa covid-19 belum mereda. volatilitas perkembangannya tidak stabil walaupun telah banyak upaya dilakukan masyarakat dan otoritas terkait.  salah satu pelaku ekonomi penting yang rawan dampak wabah adalah sektor perbankan, sehingga perlu dijaga kondisi dan perkembangannya. 

negara yang didominasi peran perbankan dikenal sebagai negara dengan sistem ekonomi kredit diantaranya indonesia. artinya sektor perbankan menjadi penentu utama dapat atau tidak efektifnya kebijakan moneter dan keuangan yang yang dilaksanakan otoritas terkait. alasannya karena hampir seluruh pelakui ekonomi dan bisnis, konsumen, pengusaha, termasuk pemerintah dan sektor luar negri bertumpu pada peran, fungsi dan tugas sektor perbankan. 

demikian juga indikator tingkat risiko perbankan (NPI Gross) terus meningkat sejak awal wabah dari 2,53% setiap bulannya meningkat sehingga mencapai 2,77% akhir maret. walau demikian masih moderat, dibawah batas syarat 5%. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *