Jadwal Kegiatan Pra Kuliah Mahasiswa Baru Tahun 2017/2018

  1. Tanggal 9 September 2017 : Pengembalian Blanko Surat Pernyataan dan Format Data Diri Mahasiswa, serta PENGISIAN KARTU RENCANA STUDI
  2. Tanggal 11 s.d. 12 September 2017 : Kegiatan Kemahasiswaan (Pra Kuliah), di kampus STIM Nitro Makassar, Waktu Pelaksanaan: Jam 06.00 Wita ( Pagi )
  3. Tanggal 13 s.d. 14 September 2017 : Kegiatan ESQ, tempat pelaksanaan Gedung Graha Pena, waktu pelaksanaan : Jam 07.00 Wita (pagi)
  4. Tanggal 17 September 2017 : Gerak Jalan Santai di rangkaikan dengan Pembagian Jadwal Kuliah Semester Awal Tahun Akademik 2017/2018 ( Pakaian Olahraga)
  5. Tanggal 18 September 2017 : Kuliah Umum, tempat pelaksanaan : Gedung Graha Pena, Waktu Pelaksanaan : Jam 09.00 Wita (Pagi), seluruh peserta memakai seragam kuliah berwarna biru
  6. Tanggal 19 September 2017 : Kuliah Perdana Angkatan 2017, tempat pelaksanaan Kampus STIM Nitro Makassar

Jadwal ini berlaku untuk seluruh mahasiswa baru tahun 2017 ( Gelombang 1, 2, dan 3)

Bagi mahasiswa baru yang belum melakukan registrasi Nomor Induk diharapkan segera melakukan regis.

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW

Pada tanggal 17 Desember 2016 bertempat di lantai 3 Gedung STIM Nitro berlngsung acara Peringatan maulid nabi Muhammad SAW. Refleksi kepemimpinan Nabi Muhammad SAW dengan tema :
“Menjadikan Nabi Muhammad SAW,  Sebagai motivasi untuk membangun ukhuwah melalui Amal Ilmiah dan Amalia”.

Kuliah Umum Mahasiswa Baru Tahun Akademik 2012/2013

Senin tanggal 17 September 2012, STIM Nitro mengadakan kuliah umum bersama MABA (Mahasiswa Baru) tahun akademik 2012/2013 di Gedung Aula Graha Pena. Dengan narasumber dari perwakilan BRI, Bapak Subhan Deputi Operasional KANWIL BRI Makassar yang menggantikan Bapak Adhy Kusnandar Pemimpin Wilayah BRI Makassar yang berhalangan hadir, bersama Bapak H. Alwi Hamu Ketua Dewan Pembina Yayasan Pendidikan Fajar dan didampingi Bapak DR. Agus Arman, S.E., M.Si. Ketua STIM Nitro sebagai moderator.

Selamat Atas Beasiswa PPA & BBM Tahun Anggaran 2012

DR. Rachman Suwandaru, S.E., M.Si sebagai moderator sedang membuka acara seminar IFRS.

Pada hari Senin (4/06), telah diselenggarakan acara seminar yang bertema IFRS (International Financial Reporting Standard). Acara ini diselenggarakan oleh NTSC (Nitro Technology Science Club) yang merupakan salah satu UKM (Unit Kegiatan Mahasiswa) STIM Nitro. Adapun pembawa materi dari acara seminar ini adalah Prof. DR. H. Gagaring Pagalung, M.Si., Ak yang merupakan Guru Besar Fakultas Ekonomi dari UNHAS dan Bapak Subhan, S.E., Ak. yang merupakan General Manajer Akuntansi PT. Semen Tonasa dan Dewan Komisari PT. Pelayaran Tonasa Lines. Acara ini dibuka dan dihadiri oleh para mahasiswa dan dosen yang tidak hanya dari STIM Nitro tapi juga dari PTN dan PTS dari seluruh kota Makassar dan juga masyarakat umum. Acara seminar ini dibuka oleh DR. Rachman Suwandaru, SE., M.Si yang merupakan Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kemahasiswaan STIM Nitro sekaligus moderator acara seminar.

Prof. DR. H. Gagaring Pagalung, M.Si., Ak sedang memberikan penjelasan tentang IFRS.

Acara ini dimulai dengan sesi pertama dimana membahas pengetahuan umum tentang IFRS (International Financial Reporting Standard / Standar Pelaporan Keuangan Internasional) yang dibawakan oleh Prof. DR. H. Gagaring Pagalung, M.Si., Ak. Dikatakan bahwa IFRS merupakan standar akuntansi internasional yang diterbitkan oleh International Accounting Standard Board (IASB). Standar Akuntansi Internasional (International Accounting Standards/IAS) disusun oleh empat organisasi utama dunia yaitu Badan Standar Akuntansi Internasional (IASB), Komisi Masyarakat Eropa (EC), Organisasi Internasional Pasar Modal (IOSOC), dan Federasi Akuntansi Internasioanal (IFAC).

Para peserta yang menghadiri acara seminar IFRS.

Secara garis besar ada empat hal pokok yang diatur dalam standar akuntansi. pertama berkaitan dengan definisi elemen laporan keuangan atau informasi lain yang berkaitan. Definisi digunakan dalam standar akuntansi untuk menentukan apakah transaksi tertentu harus dicatat dan dikelompokkan ke dalam aktiva, hutang, modal, pendapatan dan biaya. Kedua adalah pengukuran dan penilaian. Pedoman ini digunakan untuk menentukan nilai dari suatu elemen laporan keuangan baik pada saat terjadinya transaksi keuangan maupun pada saat penyajian laporan keuangan (pada tanggal neraca). Ketiga yang dimuat dalam standar adalah pengakuan, yaitu kriteria yang digunakan untuk mengakui elemen laporan keuangan sehingga elemen tersebut dapat disajikan dalam laporan keuangan. Dan terakhir adalah penyajian dan pengungkapan laporan keuangan. Komponen keempat ini digunakan untuk menentukan jenis informasi dan bagaimana informasi tersebut disajikan dan diungkapkan dalam laporan keuangan. Suatu informasi dapat disajikan dalam badan laporan (Neraca, Laporan Laba/Rugi) atau berupa penjelasan (notes) yang menyertai laporan keuangan.

Beliau menambahkan bahwa Indonesia saat ini belum mewajibkan bagi perusahaan-perusahaan di Indonesia menggunakan IFRS melainkan masih mengacu kepada standar akuntansi keuangan lokal dan hanya segilintir perusahaan yang menerapkan IFRS. Beliau juga menambahkan bahwa saat ini Dewan Pengurus Nasional IAI bersama-sama dengan Dewan Konsultatif SAK dan Dewan SAK merencanakan tahun 2012 akan menerapkan standar akuntansi yang mendekati konvergensi penuh kepada IFRS. Sesi ini kemudian dilanjutkan pada sesi kedua.

Bapak Subhan, S.E, Ak membuka sesi kedua.

Acara dilanjutkan dengan sesi kedua, yakni pembahasan tentang penerapan IFRS di PT. Semen Tonasa oleh Bapak Subhan, S.E, Ak. Beliau menjelaskan bahwa IFRS ini memberikan banyak manfaat kepada PT. Semen Tonasa seperti menciptakan efisiensi penyusunan laporan keuangan, meningkatkan kualitas Standar Akuntansi Keuangan dan mengurangi biaya penyusunannya, meningkatkan kredibilitas dan kegunaan Laporan Keuangan melalui peningkatan kualitas dan daya banding, dan menyelaraskan dengan pengaturan yang berlaku secara internasional sehingga meningkatkan kepercayaan kepada para pemegang saham bukan hanya dari Indonesia maupun luar negeri Indonesia untuk menanamkan modalnya.

Foto bersama setelah penyerahan souvernir kepada para pembawa materi dan moderator.

Acara kemudian diakhiri dengan pertanyaan dari peserta, penyerahan souvenir kepada para pembawa materi serta moderator  dan makan siang yang disajikan oleh NTSC.

Para anggota panitia acara seminar dari NTSC.

Bagi anda yang belum sempat mengikuti acara seminar ini dapat mengunggah materi dari seminar ini secara gratis. Silahkan klik link dibawah ini

Materi dari Prof. DR. H. Gagaring Pagalung, M.Si., Ak : http://www.ziddu.com/download/19610366/IFRSby.ProfGagaring.ppt.html

Materi dari Bapak Subhan, S.E., Ak : http://www.ziddu.com/download/19610367/IFRSby.BpkSubhan.ppt.html

Selamat Atas Beasiswa PPA & BBM Tahun Anggaran 2012

Atas nama Ketua, seluruh staff dan dosen STIM Nitro, memberikan selamat kepada para mahasiswa yang mendapatkan beasiswa PPA (Peningkatan Prestasi Akademik) dan BBM (Bantuan Belajar Mahasiswa) dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.

Berikut nama – nama mahasiswa yang berhasil mendapatkan beasiswa PPA dan BBM :

Dimohon kepada para mahasiswa yang mendapatkan beasiswa PPA dan BBM, untuk menyerahkan Kartu Keluarga (KK) selambat-lambatnya tanggal 16 Juli 2012 guna pelaporan kembali ke DIKTI, Terima Kasih.

SEMINAR PENDIDIKAN

PENGARUH KREDIBILITAS PEMIMPIN TERHADAP PEREKONOMIAN NASIONAL

Bapak DR. Agus Arman, SE., M.Si. selaku Ketua dari STIM Nitro membuka acara Seminar Pendidikan. Foto: Tim Panitia dari IKBMN

Sabtu, tanggal 21 April 2012 bertempat di Gedung Graha Pena Fajar, Ikatan Keluarga Besar Muslim Nitro (IKBMN) bersama P3M STIM Nitro menyelengggarakan seminar pendidikan dengan tema “Pengaruh Kredibilitas Pemimpin Terhadap Perekonomian Nasional“. Dan sebagai pembawa materinya Prof. DR. H. Halide bersama DR. Agus Arman, SE., M.Si. Bapak Halide merupakan Ketua Dewan Pengawas Syariah PT. Bank SULSELRABAR, Amanah Finance, dan BPRS Niaga Madani sedangkan Bapak Agus Arman menjabat sebagai Ketua STIM Nitro saat ini.

Bapak Prof. DR. H. Halide bersama DR. Agus Arman, SE., M.Si. sedang membawakan materi. Foto: Tim Panitia dari IKBMN.

Acara ini dimeriahkan dan dihadiri oleh tidak hanya dihadiri oleh para mahasiswa STIM Nitro tapi juga dihari oleh para mahasiswa dari seluruh PTN dan PTS yang ada di kota Makassar.

Para mahasiswa dari salah satu PTS di Makassar. Foto: Tim panitia dari IKBMN.

Adapun kesimpulan dari isi pengantar materinya adalah sebagai berikut :

Pertama, dalam konteks teori, para pembawa materi mengenalkan dua tokoh yang dikenal dunia sebagai “Leading Authory”, yaitu James Kouzes dan Barry Posner dari Universitas Santa Clara. Dalam bukunya: Kredibilitas, semacam fondasi bagi pemimpin dan yang dipimpin (contituent) dalam membangun dan mencapai organisasi di masa depan (grand dream). Kredibilitas semacam nyawa (roh) dari seorang pemimpin.

Salah satu mahasiswa antusias melakukan pertanyaan selama acara seminar pendidikan. Foto: Tim panitia dari IKBMN.

Kedua, Kouzes dan Posner menambahkan bahwa kredibilitas bersumber pada 3 (tiga) dimensi, yaitu kejujuran (agar pemimpin senantiasa dipercaya tiap satu katanya dengan tindakannya), kompetensi (pemimpin harus memiliki pengetahuan dan kemampuan memimpin, termasuk pengalaman), dan inspirasi (pemimpin harus bersikap dinamis, antusias, serta memiliki energi yang menggerakkan dan menginspirasi seluruh anggotanya.

Salah satu mahasiswa antusias melakukan pertanyaan selama acara seminar pendidikan. Foto: Tim panitia dari IKBMN.

Ketiga, untuk membangun kredibilitasa, setidaknya dibutuhkan 3 (tiga) fase proses yang saling terkait, yakni fase kejelasan (clarity), mengenai kebutuhan, kepentingan, nilai-nilai bersama, visi, dst bersama konstituen guna organisasi menjadi tahu, kunci keunggulan bersaing organisasi; fase kesatuan (unity), kejelasaan mengenai kemana organisasi akan dibawa (pemimpin harus mampu membangun komunikasi ditengah keragaman nilai, kepentingan, pandangan, dan kenyakinan yang ada dalam organisasi); dan fase pengembangan intensitas (intensity), yaitu kedekatan dan ikatan emosional dalam organisasi.

Salah satu mahasiswa antusias melakukan pertanyaan selama acara seminar pendidikan. Foto: Tim panitia dari IKBMN.

Keempat, ketika organisasi akan mengadakan perubahan, maka faktor kredibilitas seorang pemimpin menjadi hal yang utama.

Bapak Prof. DR. H. Halide sedang menjawab pertanyaan dari para mahasiswa. Foto: Tim panitia dari IKBMN.

Kelima, dalam konteks kepemimpinan nasional, yang dibutuhkan adalah pemimpin yang berkarakter. Bukan pemimpin yang latah-latahan dengan mencontohi pada negara-negara yang dianggap maju dan modern. Oleh karenanya, kata kunci dalam mengatasi krisis kepemimpinan nasional adalah, pentingnya mengintegrasikan Character Building dalam sistem pendidikan kita.

Acara seminar ini kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata kepada para pembawa materi Bapak Halide dan Bapak Agus Arman oleh tim panita dari IKBMN. Turut pula penyerahan cinderamata kepada Ibu Megawaty Rakhman sebagai perwakilan dari P3M STIM Nitro.

Tim Panitia dari IKBMN sedang menyerahkan cinderamata kepada Prof. DR. H. Halide. Foto: Tim panitia dari IKBMN.
Tim Panitia dari IKBMN sedang menyerahkan cinderamata kepada Bapak DR. Agus Arman, SE., M.Si. Foto: Tim panitia dari IKBMN.
Tim Panitia dari IKBMN sedang menyerahkan cinderamata kepada Ibu Megawaty Rakhman sebagai perwakilan dari P3M STIM Nitro. Foto: Tim panitia dari IKBMN.
Foto bersama dengan para tim panitia dari IKBMN. Foto: Tim panitia dari IKBMN.

Acara kemudian diakhiri dengan sungguhan makan siang yang disediakan oleh tim panitia.

Para mahasiswa sedang menikmati makan siang. Foto: Tim panitia dari IKBMN.

Pemilihan Duta Kampus STIM Nitro 2012

PERSYARATAN UMUM

  • Mahasiswa dan mahasiswi STIM Nitro semester II s.d semester IV.
  • Berpenampilan menarik serta memiliki tinggi min. 170 cm untuk laki-laki dan min. 160 cm untuk perempuan.
  • Nilai IPK akhir min. 3,25.
  • Ceria, ramah dan mampu berkomunikasi dengan baik.
  • Memiliki prestasi non akademik.
  • Memiliki fisik sehat jasmani dan rohani.
  • Bersedia untuk menjalankan tugas dan program-program kampus dengan professional jika terpilih menjadi Duta Kampus STIM Nitro.

PERSYARATAN ADMINISTRATIF

  • Mengisi form pendaftaran.
  • Melampirkan foto seluruh badan ukuran 4R.
  • Melampirkan fotokopi nilai IPK akhir beserta sertifikat.
  • Melampirkan surat keterangan kesehatan dari Dokter / klinik.
  • Menulis alasan anda mengapa ingin menjadi Duta Kampus STIM Nitro dan kontribusi apa yang akan anda berikan jika anda terpilih menjadi Duta Kampus STIM Nitro.
  • Mentanda tangani surat pernyataan kesediaan menjadi Duta Kampus STIM Nitro dengan tanda tangan dari orang tua / wali.

JADWAL

  • Pendaftaran dimulai tanggal 19 April s.d 28 April 2012.
  • Seleksi 14 Mei s.d 16 Mei 2012.
  • Pengumuman pemenang 25 Mei 2012.

PENGHARGAAN BAGI PEMENANG

  • Putra : Piala + Sertifikat + Beasiswa untuk 1 (satu) semester.
  • Putri : Piala + Sertifikat + Beasiswa untuk 1 (satu) semester.

INFORMASI & PENGAMBILAN FOMULIR

Ibu Ceska, Bagian Humas STIM Nitro, Gedung Kampus STIM Nitro lantai 2 (dua).
Telp : (0411) 459061 – 459062
Email: ceska.baharuddin@yahoo.com

BEM & BPM

Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM)

Badan Perwakilan Mahasiswa (BPM)

Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)

CAMEL BULLETIN NITRO (CBN)
IKATAN KELUARGA BESAR MUSLIM NITRO (IKBMN)
NITRO ART CLUB (NAC)

NITRO SPORT CLUB (NSC)

PERSATUAN MAHASISWA KRISTEN NITRO (PMKN)

NITRO BANKING CLUB (NBC)

NITRO PECINTA ALAM (NPA)

NITRO SCIENCE TECHNOLOGY CLUB (NSTC)

Beasiswa

Sebagai bentuk kepedulian STIM Nitro dalam mengemban cita-cita mencerdaskan kehidupan bangsa, maka disediakan beasiswa berupa :

  1. Beasiswa prestasi akademik
  2. Beasiswa bantuan belajar
  3. Beasiswa latar belakang ekonomi lemah atau yang sejenisnya
  4. Beasiswa pemerintah propinsi SULSEL
  5. Beasiswa Supersemar
  6. Beasiswa peduli Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM)
  7. Beasiswa Perum Pengadaian
  8. Beasiswa PT Inco
  9. Beasiswa Wirausaha Bank Mandiri