Pengaruh Kebijakan Fiskal dan Kebijakan Moneter Terhadap Pertumbuhan Ekonomi Pasca Krisis Moneter di Indonesia

Oleh :
Edwin Basmar, SE., MM.
Dosen STIM Nitro Makassar

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Penerimaan Pajak, Pengeluaran Pemerintah, Suku Bunga, Kurs Nilai Tukar dan Investasi secara langsung dan tidak langsung.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerimaan Pajak berpengaruh positif dan signifikan terhadap Investasi tetapi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi, (2) Pengeluaran Pemerintah berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Investasi tetapi berpengaruh positif tidak signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi. (3) Suku Bunga berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Investasi dan Pertumbuhan Ekonomi. (4) Kurs Nilai Tukar berpengaruh negatif dan tidak signifikan terhadap Investasi tetapi berpengaruh negatif dan signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi. (5) Investasi berpengaruh positif dan tidak signifikan terhadap Pertumbuhan Ekonomi Paska Krisis ekonomi Moneter di Indonesia.

Analisis Pengaruh Nilai Kurs, Tingkat Inflasi, dan BI Rate Terhadap Dana Pihak Ketiga Pada Bank Devisa di Indonesia (Periode Kwartal III 2005 – Kwartal IV 2010)

Oleh:
Nur Azmi K.Mustamin
Dosen Politeknik Internasional Makassar

ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada korelasi atau tidak antara masing-masing variabel nilai Kurs, tingkat Inflasi, dan BI Rate dengan Dana Pihak Ketiga, kemudian menemukan bukti empiris pengaruh variabel nilai Kurs, tingkat Inflasi dan BI Rate terhadap jumlah Dana Pihak Ketiga pada Bank Devisa di Indonesia. Seberapa besar pengaruh variabel nilai Kurs, tingkat Inflasi dan BI Rate terhadap jumlah Dana Nasabah pada Bank Devisa di Indonesia. Metode penelitian yang dipergunakan dalam penelitian ini adalah Studi Kepustakaan yang dipublikasikan oleh Bank Indonesia. Data-data yang dipergunakan adalah Nilai Kurs Rupiah terhadap Dolar , tingkat Inflasi, BI Rate dan jumlah Dana Pihak Ketiga dalam kwartal tahun 2005(6) – 2010 (12). Metode analisis datanya dengan menggunakan regresi berganda. Hasil penelitiannya menunjukkan bahwa secara keseluruhan pengaruh variabel independent terhadap jumlah DPK pada Bank Devisa di Indonesia selama periode Kwartal III 2005 – Kwartal IV 2010 adalah berpengaruh dan signifikan. Berdasarkan nilai R Square pada pengujian Durbin Watson, variabel DPK dapat dijelaskan oleh variabel Nilai Kurs, Inflasi dan Suku Bunga SBI sebesar 87%. Pada pengujian Regresi Berganda Inflasi memiliki pengaruh searah (positif). Sedangkan Kurs Nilai Mata Uang dan Suku Bunga SBI memiliki pengaruh berlawanan arah (negatif).

Kata Kunci : Nilai Kurs, Tingkat Inflasi dan Tingkat Suku Bunga SBI.

Analisis Perencanaan Laba Terhadap Pengambilan Keputusan Pada PT. Parit Padang Global di Makassar

Oleh:
Agus Purnomo
Dosen Universitas 45 Makassar

ABSTRAK

Tujuan perusahaan pada umumnya adalah untuk memperoleh laba optimal sesuai dengan kemampuan perusahaan oleh karena itu untuk mencapai laba optimal perlu disusun perencanaan laba agar kemampuan yang dilmiliki perusahaan dapat diarahkan secara terkoordinasi dalam mencapai tujuan.
Salah satu fungsi manajemen adalah perencanaan atas kegiatan perusahaan yang akan dilaksanakan untuk mencapai tujuan perusahaan pada periode yang akan datang.
Perencanaan yang baik akan mempermudah manajemen dalam melakukan tugas pemecahan persoalan manajerial karena proses ini dapat menentukan sasaran perusahaan .Tugas dari manajemen dalam membuat rencana adalah sebagai pedoman dalam melakukan pengawasan terhadap segala kegiatan perusahaan, sehingga manajemen dapat menjaga kelangsungan hidupnya dan memperoleh laba perencanaan yang menunjukkan ukuran keberhasilan menajemen dalam menjalankan usahanya khususnya memperoleh laba maksimal.

Kata Kunci : Perencanaan Laba, Pengambilan Keputusan

Persepsi Pengusaha Mikro Terhadap Lembaga Keuangan Mikro di Makassar

Oleh:
H.M. Imam Taufiq HB./Rosnaini Daga
Dosen STIM Nitro Makassar

ABSTRAK

Berdasarkan UU No. 20 Tahun 2008 yang termasuk sebagai UMKM adalah usaha yang memenuhi kriteria sebagai berikut yaitu (1) memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp50.000.000,00 (lima puluh juta rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha, atau (2) Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp300.000.000,00 (tiga ratus juta rupiah).

Menurut Asian Development Bank (ADB), Lembaga Keuangan Mikro (microfinance) adalah lembaga yang menyediakan jasa penyimpanan (deposits), kredit (loans), pembayaran berbagai transaksi jasa (payment services) serta money transfers yang ditujukan bagi masyarakat miskin dan pengusaha kecil (insurance to poor and low-income households and their microenterprises). Sedangkan bentuk LKM dapat berupa: (1) lembaga formal misalnya bank desa dan koperasi, (2) lembaga semiformal misalnya organisasi non pemerintah, dan (3) sumber-sumber informal misalnya pelepas uang      .

Kata kunci : Pengusaha Mikro / UMKM, Lembaga Keuangan Mikro

Pengaruh Struktur Kepemilikan Dan Manajemen Laba Terhadap Kinerja Keuangan. (Studi Empiris Pada Perusahaan Manufaktur Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)

Oleh :
M u s p a
Dosen STIM Nitro Makassar

ABSTRAK

This research is intended to examine the significancy influence of ownership structure, and Earning Management to Financial Performance.
This research uses explanatory design with secondary data in manufacturing companies at Indonesian Stock Exchange. Sample is totaled at 20 companies by using purposive method sampling for 6-years observations; therefore, total number of observation is 120.
Model used in this research is multiple regression analyisis trought SPSS. This basic model intended to analyze in estimating strengths of causal relationship both directly variables.
The result of this research has shown that; (1) ownership structure influences positive and significan to financial performance, (2) earning management does not influence positive and significantly to financial performance.

Key words : Ownership Structure, Earning Management,  and Financial Performance

Pengaruh Kualitas Layanan Terhadap Loyalitas Mahasiswa Pada STIM Nitro Makassar

Oleh:
Panus, S.E., M.M.
Dosen STIM Nitro Makassar

ABSTRAK

Kualitas layanan adalah seberapa jauh perbedaan antara kenyataan dan harapan para mahasiswa atas layanan yang diperoleh. Loyalitas adalah menyangkut suatu kepatuhan dan keinginan yang besar dari mahasiswa untuk selalu menggunakan jasa dari STIM Nitro Makassar.
Berdasarkan hasil analisis dalam penelitian ini, disimpulkan bahwa: kualitas layanan berpengaruh signifikan terhadap  loyalitas mahasiswa.

Kata Kunci : Kualitas Layanan dan Loyalitas Mahasiswa.