Visi Misi dan Tujuan Institusi

VISI

Perguruan Tinggi yang menjadi rujukan dalam bidang Manajemen Keuangan dan Perbankan di Indonesia Timur pada tahun 2020

MISI

  1. Meningkatkan kualitas hidup masyarakat melalui pendidikan yang bermutu
  2. Menyediakan SDM yang terampil, cerdas, dan unggul dalam bidang Manajemen Keuangan dan Perbankan

TUJUAN

  1. Menyelenggarakan pendidikan dan pendidikan yang bermutu melalui program diploma dan strata dalam bidang Manajemen Keuangan dan Perbankan
  2. Menyelenggarakan kajian dan penelitian ilmiah untuk pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi dalam bidang Manajemen Keuangan dan Perbankan
  3. Menyelenggarakan kegiatan-kegiatan pengabdian masyarakat dalam rangka peningkatan taraf hidup masyarakat

SASARAN DAN STRATEGI PENCAPAIAN

  1. Terwujudnya tata kelola perguruan tinggi yang baik (good university governance)
  2. Terwujudnya Sumber Daya Manusia Dosen dan Tenaga Kependidikan yang berintegritas dan kredibel
  3. Terwujudnya lulusan dengan keunggulan akademik bidang manajemen keuangan dan perbankan, moral dan etika, cerdas emosional dan spiritual melalui pendidikan dan pembelajaran (kurikulum)
  4. Terwujudnya penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dan berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat.
  5. Terwujudnya relasi dan kerja sama dengan berbagai institusi pendidikan, pemerintah, dan perusahaan dalam rangka jejaring dalam negeri maupun luar negeri.
  6. Tersedianya sumber dana untuk keberlanjutan perguruan tinggi.
  7. Tersedianya sarana dan prasarana yang efektif dan efisien yang mendukungterciptanya atmosfer akademik yang baik.
  8. Tercapainya peningkatan brand image perguruan tinggi.

Lokasi dan Denah Kampus

LOKASI

Kampus STIM Nitro Berada di lingkungan KOMPLEK PENDIDIKAN FAJAR GROUP

Jalan Abdurahman Basalamah (nama jalan lama Racing Centre) No. 101 MAKASSAR 90231

Daftar Dosen

Berikut daftar nama dosen-dosen:

1.  Prof. Dr. Jogiyanto Hartanto, MBA., Phd.
2.  Prof. Dr. H. Halide
3.  Prof. Dr. Abdul Halim, M.M., Ak.
4.  Prof. Dr. H. M. S. Idrus, S.E., M.Sc
5.  Prof. Dr. Umar Nimran, MA
6.  Prof. Dr. Budiman Kristiananta, MA
7.  Prof. Dr. Imam Syakir, S.E
8.  Prof. Dr. IBM. Santika, S.E
9.  Prof. Dr. Nurdin Brasit, S.E., M.Si
10.  Prof. Dr. Abd. Rahman Kadir, M.Si
11.  Prof. Dr. H. Baso Amang, S.E., M.Si., Ak.
12.  Prof. Dr. Abdul Hakim Yassi, Dipl. TESL MA
13.  Prof. Dr. Basri Moding, S.E., M.Si
14.  Dr. Agus Arman, S.E., M.Si
15.  Dr. Masruki, DEA
16.  Dr. Indriyanti Sudirman, S.E., M.Si
17.  Dr. Gagaring Pagalung, S.E., M.Si., Ak.
18.  Dr. H. Hamid Habbe, S.E., M.Si
19.  Dr. Suharwan, S.E., S.U.
20.  Dr. Anshar Daud, S.E., M.Si
21.  Dr. A. Marhasan, S.E., M.Si
22.  Dr. Joubert Maramis, S.E., M.Si
23.  Dr. Mudjilah Rahayu, M.Si
24.  Dr. Abdul Hadi Sirat, S.E., M.S
25.  Dr. H. Ambo Asse, M.Ag
26.  Dr. Mashur Razak, S.E., M.M.
27.  Dr. Nursjam, M.Hum
28.  Dr. Imran Tajuddin, S.E., M.MSi
29.  Dr. Mapparenta, S.E., M.Si
30.  Dr. Drs. Djadir, M.Pd
31.  Dr. Aryati Arfah, S.E., M.Si
32.  Dr. Wahyuddin Abdullah, S.E., M.Si., Ak.
33.  Dr. Drs. Thomas S. Kaihatu, M.M
34.  Dr. Mursalim, S.E., M.Si., Ak.
35.  Dr. Drs. Ikhwan M. Said, M.Hum
36.  Dr. Muspa, S.E., M.Si., Ak.
37.  Dr. Rachman Suwandaru, S.E., M.Si
38.  Dr. Nasruddin Nawawi, S.E., M.Si
39.  Dr. H. Abd. Haeba Ramli, S.E., M.M
40.  M. Syarief Maricar, M.S.
41.  Nawir Mansyur, S.E., M.Si
42.  Sujatmiko, S.E., M.Si
43.  Murdin Muchsin, S.H., M.M
44.  Kasnaeny Karim, S.E., M.Si
45.  H. Muh. Imam Taufiq HB, S.E., M.M
46.  Hj. Maryam Nurdin, S.E., M.Si., Ak.
47.  Novita Rosanti, S.E., M.Si
48.  Megawaty Rakhman, S.E., MHRMgt
49.  H. Natsir Muhammad, S.E., M.M
50.  Adam Srihono, S.E., M.Si
51.  Max Kambuan, S.E., M.Si., Ak.
52.  Rosnaney Daga, S.E., M.M
53.  H. Adam Saleh, S.E., M.Si
54.  Drs. H. Agussalim Amin, M.Si
55.  Samuel Sakka, S.E., M.M., M.Th
56.  Ruslan, S.E., M.M
57.  M. Ashary Anshar, S.E., M.Si
58.  M. Ridwan Hasanuddin, S.E., M.Si
59.  Muliyadi Hamid, S.E., M.Si
60.  H. Nirwan Dahyar, S.E., M.M
61.  Ibrahim Bazergan, S.E., M.Si
62.  Izak Lawalata, S.H., M.H
63.  Drs. H. Abidin Ranreng, M.Si
64.  Rika Dwi Ayu P, S.E., MBA., M.Comm
65.  Wilhaminus Sombolayuk, S.E., M.Si
66.  Dalmasius Panggalo, S.E., MBA
67.  Drs. E. Enoch Kumendong, M.Si
68.  Farhan Djufir, S.E., M.M
69.  Firman Menne, S.E., M.Si., Ak.
70.  Hamzah Ella, S.E., M.Si
71.  Baharuddin D, S.E., M.Si
72.  Drs. Bahar, M.Si
73.  Asriani Junaid, S.E., M.Si., Ak.
74.  Dra. Hj. Sri Woerjani, M.Pd
75.  Drs. Suardi, M.Si
76.  Arifin Idrus, S.E., M.M.
77.  Arifin, S.E., M.P
78.  Ade Hastuty Hasyim, ST., S.Komm., M.T
79.  Ida Affianti Anwar, Dra., M.Hum
80.  Renny Mointi, S.E., M.M
81.  Nurdan Buchaerah, S.E., M.Si
82.  Natali Ikawidjaja, S.E., M.M
83.  Shinta D. Tikson, S.E., M.M
84.  Simon Rahman, S.E., M.M
85.  Drs. Suhartono, M.Pd
86.  Drs. Muh. Dinar, M.Pd
87.  Muchlis Hasan, S.E., M.M
88.  Drs. Kaharuddin, M.Hum
89.  Lely Siombo, SH., M.Kn
90.  Drs. Rusdiaman Rauf, M.Si. AAAij
91.  Paris Dauda, S.E., M.M
92.  Panus Passae, S.E., M.M
93.  Suhendra, S.E., M.M
94.  Ramlah., S.E., M.Si
95.  Verawaty, S.E., M.M
96.  Ceskakusumadewi Baharuddin, S.E., B.A., M.M
97.  Luisito Hari Krisanto, S.E
98.  Abdul Rahim Hafa, S.E
99.  Drs. Abdul Halik

Statistik Mahasiswa

REKAPITULASI PENGAMBILAN KRS

PROGRAM STRATA SATU (S1)

PROGRAM DIPLOMA TIGA (D3)

REKAPITULASI

Rencana Strategis

Citra STIM Nitro 2013 dirumuskan 2 agenda pengembangan. Pertama peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan melalui upaya–upaya pengembangan dan penyempurnaan metode dan substansi pembelajaran agar mampu menghasilkan iuaran yang cerdas dan konpentif atau kompetensi dibidangnya, Kedua penataan lingkungan kampus agar mampu mendukung dan kondusif bagi kegiatan akademik, baik yang bersifat kurikuler maupun ekstrakurikuler.

PENINGKATAN KUALITAS PENYELENGGARAN PENDIDIKAN
Perwujudan STIM Nitro 2013 maka penyelenggaraan pendidikan diarahkan dengan mengacu pada pendidikan berkualitas.

  1. Kurikulum yang berwawasan holistik, dapat diakses dan tanggap terhadap pembelajaran dari masyarakat luas untuk mewujudkan STIM Nitro dapat mencerdaskan bangsa melalui penguasaan manajemen berbasis teknologi.
  2. Proses pembelajaran yang berbasis learning dan E-learning yang mendorong pembelajaran untuk mengkaji Teknologi Informasi dan Komunikasi sehingga menampakkan keunggulan sebagai Perguruan Tinggi yang unggul.
  3. Luaran yang memiliki kemampuan di bidang Manajemen Keuangan dan Perbankan yang adaptif dan aplikable.

STRATEGI STIM NITRO

Strategi A

  1. Mengupayakan ketersedian beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi dan tidak mampu.
  2. Publikasi dan strategi promosi yang dapat meningkatkan awarness STIM Nitro  Makassar kepada calon-calon mahasiswa di seluruh Indonesia lebih khususnya di Indonesia timur. Publikasi ini ditempuh dengan menggunakan website, brosur, media surat kabar, TV dan kunjungan ke SMA/SMK, melakukan lomba –lomba yang bersifat akademik yang melibatkan sekolah SMA/SMK, dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang relevan dengan melibatkan guru, siswa dan orangtua siswa.
  3. Memberdayakan ikatan alumni STIM Nitro Makassar dalam mempromosikan almamaternya
  4. Penyempurnaan sistem penjaringan mahasiswa baru. Diupayakan secara sistematis akan terus dilakukan dengan penyempurnaan penjaringan calon mahasiswa baru yang cerdas, berbakat dan berprestasi akademik juga memiliki minat dan motivasi belajar yang tinggi.
  5. peningkatan kualitas proses pembelajaran, yang diupayakan metode Learning dan E-learning, dengan jaminan program studi menerapkan kurikulum yang telah disempurnakan. Pembelajaran kelas harus mampu menfasilitasi terciptanya komunikasi yang intensif antara dosen dan mahasiswa. Dengan demikian mahasiswa diberikan kesempatan untuk menggali pemahamannya terhadap materi pembelajaran. Disamping itu tugas – tugas pekerjaan rumah dan pratikum harus lebih insentif dan terstruktur sehingga mampu memperbaiki kemampuan berfikir kritis mahasiswa dalam bekerja secara individu dan berkelompok. Perlunya diadakan penyetaraan perkuliahan secara efektif dan penyempurnaan yang sedang berjalan.

Strategi B

  1. Penerapan sistem insentif yang dapat mendorong terciptanya perbaikan kualitas kinerja Dosen dan staf secara berkelanjutan.
  2. Peningkatan kualifikasi pendidikan staf akademik minimal Starata dua (S2).
  3. Pelatihan lokakarya metode pembelajaran berbasis Learning dan E-learning pelatihan PEKERTI dan AA bagi staf dosen perlu di intensifkan.
  4. Peningkatan ketersediaan dan kualitas fasilitas belajar dengan mengupayakan dana melalui anggaran pemerintah seperti PHK A1 dan A2
  5. Evaluasi kinerja dosen oleh mahasiswa tiingkatkan

PENATAAN KELEMBAGAAN

Tujuan program ini terbentuknya organisasi yang kinerjanya ditentukan oleh keberadaan unit kerja otonom yang kegiatannya dipandu oleh adanya badan organisasi yang kuat sesuai citra STIM Nitro 2013.

1. Peningkatan relevansi, kompetensi dan kinerja setiap unit kerja di lingkungan STIM Nitro yang diharapkan bermuara pada peningkatan efisiensi dan kualitas output dalam penyelenggaraan visi, misi dan tujuan STIM Nitro Makassar.

2. Peningkatan kualitas program studi dalam perencanaan dan penyelenggaraan kegiatan akademik.

3. Pengorganisasian lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat lebih baik sehingga fungsi mengelola rencana penelitian dan pengabdian pada masyarakat dapat berjalan dengan baik.

4. Pengembangan dan penyempurnaan sistem perencanaan dan penganggaran terpadu.

5. Pengembangan Manajemen Sistem informasi STIM Nitro.

6. Pengembangan kapasilitas Internet secara bertahap

7. Akademik STIM Nitro dalam pengembangan dan penataannya perlu memperhatikan :

  • Ratio mahasiswa dosen pada tahun akademik 2006/2007  = 1 : 30
  • Rerata masa studi mahsiswa 4,87 tahun untuk Program Studi Manajemen (S1) dan 3,85 tahun untuk Manajemen Keuangan dan Perbankan (D3)
  • Indeks prestasi komulatif mahasiswa tahun akademik  2006/2007 masih terdapat  49% mahasiswa dengan IPK > 3,00, diharapkan pada tahun 2013 IPK > 3,00 bisa meningkat menjadi 60%.
  • Sampai dengan tahun akademik 2006/2007 baru 2 orang dosen tetap bergelar Doktor,  28 orang berpendidikan S2 dan 11 orang dosen dengan pendidikan S1. Pada tahun 2013 diharapkan sudah tersedia 14 orang dosen dengan gelar Doktor (S3) dan dosen tetap lainnya minimal punya kualifikasi pendidikan minimal S2.

MEWUJUDKAN STIM NITRO MENJADI  PERGURUAN TINGGI YANG UNGGUL

Setelah jadinya Gedung Grahana Pena, Badan Pengurus Yayasan Fajar Nitro Ujungpandang telah berkomitmen untuk menjadikan gedung yang sekarang sebagai FAJAR Pendidikan Centre. Dengan demikian Kampus STIM Nitro dapat dikembangkan dan akan lebih representatif. Hal ini diharapkan juga dapat meningkatkan brand image STIM Nitro terhadap masyarakat pada umumnya, sebagai perguruan tinggi yang mampu menhasilkan SDM “Cerdas” dalam bidang manajemen keuangan dan perbankan.

Dalam masa-masa mendatang (walaupun waktunya belum ditetapkan secara pasti), ada upaya dan komitmen Badan Pengurus Yayasan bersama jajaran yang ada untuk meningkatkan status STIM Nitro dari sebuah sekolah tinggi menjadi sebuah Institute Manajemen Keuangan dan Perbankan yang diharapkan mampu menghasilkan SDM cerdas dengan  daya saing bangsa yang meng-global.

Status dan Akreditasi Program Studi

Program StudiStrataWilayahNo. SKTahun SKPeringkatTanggal Daluarsa
ManajemenS1094803/SK/BAN-PT/Akred/S/XII/20172017B2022-12-19
ManajemenS209582/SK/BAN-PT/Akred/M/VI/20152015B2020-06-22
Keuangan Dan PerbankanD309117/SK/BAN-PT/Akred/Dpl-III/20142014B2019-05-02

Lambang

Lambang STIM Nitro yang berbentuk segi lima memiliki makna sebagai berikut:

1. Buah padi yang berbiji 9 yang tubuh mekar dari tulisan nitro yang bertegar diatas untain teratai melambangkan sumber-sumber insan yang senantiasa berupaya untuk mensejahterakan dan memakmurkan bangsa. untaian teratai yang memanku tulisan nitro melambangkan nurani dan budaya akademik yang iklas mendidik putra-putri bangsa dalam berbagi dinamika dan rimantika. Sedangkan jumlah biji pada padi dan kapas melambangkan hari jadi nitro pada tanggal 17 September.

2. Gedung Monumen dengan pondasi lima tingkat yang menopang wadah api yang menyala, berkobar tak kunjung pada melambangkan suatu tekad yang merupakan lima falsafah dasar STIM Nitro dan mengembangkan visinya, yakni; Pengabdian kerja keras,kebersamaan dan kekeluargaan, keahlian dan keilmuan dan kedisiplinan.

3. Garis emas segi lima tak berujung pangkal melambangkan kesamaan pandang dan kesamaan sikap bagi segenap unsur sivitas akademika untuk mengemban misi Tridarma Peguruan Tinggi.

4. Warna-warna

  • Merah maron sebagai warna dasar utama yang melambangkan sikap keberanian yang arif dan bijaksana.
  • Hijau melambangkan perhatian terhadap nilai-nilai keagamaan dan kemakmuran.
  • Putih melambangkan kesucian nurani dalam pengabdian.
  • Emas melambangkan jiwa ksatria yang bertanggung jawab.
  • Kuning melambangkan kedewasaan dalam berpikir dan bertingkah laku

Yayasan STIM Nitro

Untuk kelangsungan terselenggaranya pendidikan dengan baik, Yayasan Fajar Nitro Ujungpandang melalui Badan Pengurus Harian (BPH) Yayasan selama ini dapat menjamin tersedianya pengadaan sarana dan prasarana yang dibutuhkan untuk kelancaran proses pendidikan yang berlangsung.

Susunan Pengurus Yayasan Fajar Nitro
Ketua Dewan Pendiri     : H. M. Aksa Mahmud
Ketua Dewan Pembina : H. M. Alwi Hamu
Ketua Yayasan     : H. Syamsu Nur
Ketua BPH    : Muliyadi Hamid, S.E., M.Si