Seminar Pendidikan

///Seminar Pendidikan

Seminar Pendidikan

SEMINAR PENDIDIKAN

PENGARUH KREDIBILITAS PEMIMPIN TERHADAP PEREKONOMIAN NASIONAL

 

 

IMG_8496a

Bapak DR. Agus Arman, SE., M.Si. selaku Ketua dari STIM Nitro membuka acara Seminar Pendidikan. Foto: Tim Panitia dari IKBMN

 

Sabtu, tanggal 21 April 2012 bertempat di Gedung Graha Pena Fajar, Ikatan Keluarga Besar Muslim Nitro (IKBMN) bersama P3M STIM Nitro menyelengggarakan seminar pendidikan dengan tema “Pengaruh Kredibilitas Pemimpin Terhadap Perekonomian Nasional“. Dan sebagai pembawa materinya Prof. DR. H. Halide bersama DR. Agus Arman, SE., M.Si. Bapak Halide merupakan Ketua Dewan Pengawas Syariah PT. Bank SULSELRABAR, Amanah Finance, dan BPRS Niaga Madani sedangkan Bapak Agus Arman menjabat sebagai Ketua STIM Nitro saat ini.

 

IMG_8516a

Bapak Prof. DR. H. Halide bersama DR. Agus Arman, SE., M.Si. sedang membawakan materi. Foto: Tim Panitia dari IKBMN.

 

Acara ini dimeriahkan dan dihadiri oleh tidak hanya dihadiri oleh para mahasiswa STIM Nitro tapi juga dihari oleh para mahasiswa dari seluruh PTN dan PTS yang ada di kota Makassar.

 

IMG_8440a

Para mahasiswa dari salah satu PTS di Makassar. Foto: Tim panitia dari IKBMN.

 

Adapun kesimpulan dari isi pengantar materinya adalah sebagai berikut:

Pertama, dalam konteks teori, para pembawa materi mengenalkan dua tokoh yang dikenal dunia sebagai “Leading Authory”, yaitu James Kouzes dan Barry Posner dari Universitas Santa Clara. Dalam bukunya: Kredibilitas, semacam fondasi bagi pemimpin dan yang dipimpin (contituent) dalam membangun dan mencapai organisasi di masa depan (grand dream). Kredibilitas semacam nyawa (roh) dari seorang pemimpin.

 

IMG_8537a

Salah satu mahasiswa antusias melakukan pertanyaan selama acara seminar pendidikan. Foto: Tim panitia dari IKBMN.

 

Kedua, Kouzes dan Posner menambahkan bahwa kredibilitas bersumber pada 3 (tiga) dimensi, yaitu kejujuran (agar pemimpin senantiasa dipercaya tiap satu katanya dengan tindakannya), kompetensi (pemimpin harus memiliki pengetahuan dan kemampuan memimpin, termasuk pengalaman), dan inspirasi (pemimpin harus bersikap dinamis, antusias, serta memiliki energi yang menggerakkan dan menginspirasi seluruh anggotanya.

 

IMG_8543a

Salah satu mahasiswa antusias melakukan pertanyaan selama acara seminar pendidikan. Foto: Tim panitia dari IKBMN.

 

Ketiga, untuk membangun kredibilitasa, setidaknya dibutuhkan 3 (tiga) fase proses yang saling terkait, yakni fase kejelasan (clarity), mengenai kebutuhan, kepentingan, nilai-nilai bersama, visi, dst bersama konstituen guna organisasi menjadi tahu, kunci keunggulan bersaing organisasi; fase kesatuan (unity), kejelasaan mengenai kemana organisasi akan dibawa (pemimpin harus mampu membangun komunikasi ditengah keragaman nilai, kepentingan, pandangan, dan kenyakinan yang ada dalam organisasi); dan fase pengembangan intensitas (intensity), yaitu kedekatan dan ikatan emosional dalam organisasi.

 

IMG_8547a

Salah satu mahasiswa antusias melakukan pertanyaan selama acara seminar pendidikan. Foto: Tim panitia dari IKBMN.

 

Keempat, ketika organisasi akan mengadakan perubahan, maka faktor kredibilitas seorang pemimpin menjadi hal yang utama.

 

IMG_8514a

Bapak Prof. DR. H. Halide sedang menjawab pertanyaan dari para mahasiswa. Foto: Tim panitia dari IKBMN.

 

Kelima, dalam konteks kepemimpinan nasional, yang dibutuhkan adalah pemimpin yang berkarakter. Bukan pemimpin yang latah-latahan dengan mencontohi pada negara-negara yang dianggap maju dan modern. Oleh karenanya, kata kunci dalam mengatasi krisis kepemimpinan nasional adalah, pentingnya mengintegrasikan Character Building dalam sistem pendidikan kita.

 

 

Acara seminar ini kemudian dilanjutkan dengan penyerahan cinderamata kepada para pembawa materi Bapak Halide dan Bapak Agus Arman oleh tim panita dari IKBMN. Turut pula penyerahan cinderamata kepada Ibu Megawaty Rakhman sebagai perwakilan dari P3M STIM Nitro.

 

IMG_8576a

Tim Panitia dari IKBMN sedang menyerahkan cinderamata kepada Prof. DR. H. Halide. Foto: Tim panitia dari IKBMN.

IMG_8580a

Tim Panitia dari IKBMN sedang menyerahkan cinderamata kepada Bapak DR. Agus Arman, SE., M.Si. Foto: Tim panitia dari IKBMN.

IMG_8581a

Tim Panitia dari IKBMN sedang menyerahkan cinderamata kepada Ibu Megawaty Rakhman sebagai perwakilan dari P3M STIM Nitro. Foto: Tim panitia dari IKBMN.

IMG_8584a

Foto bersama dengan para tim panitia dari IKBMN. Foto: Tim panitia dari IKBMN.

 

Acara kemudian diakhiri dengan sungguhan makan siang yang disediakan oleh tim panitia.

 

IMG_8609a

Para mahasiswa sedang menikmati makan siang. Foto: Tim panitia dari IKBMN.

 

 

Facebook                                   twitter-2

By | 2012-04-26T00:19:53+00:00 April 26th, 2012|Kemahasiswaan|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.