Analisis Perilaku Nasabah dan Kualitas Pelayanan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Kantor Cabang Pembantu (KCP) Makassar Sungguminasa

///Analisis Perilaku Nasabah dan Kualitas Pelayanan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Kantor Cabang Pembantu (KCP) Makassar Sungguminasa

Analisis Perilaku Nasabah dan Kualitas Pelayanan PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Kantor Cabang Pembantu (KCP) Makassar Sungguminasa

Oleh :
Abdul Samad A.
Dosen Manajemen Universitas Fajar

ABSTRACT

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis perilaku nasabah dan kualitas pelayanan yang berpengaruh terhadapnya pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. KCP Makassar Sungguminasa. Kualitas pelayanan (Tangibles, Assurance, Responsiveness, Reliability, dan Empathy) dan perilaku nasabah adalah variabel yang digunakan dalam penelitian ini. Penelitian dilakukan kepada nasabah pemilik Tabungan Mandiri pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. KCP Makassar Sungguminasa dengan menggunakan metode purposive sampling. Data primer dalam penelitian ini diperoleh dari kuesioner dan studi pustaka yang pengukurannya menggunakan skala likert dan diolah secara statistik dengan program SPSS versi 17.00, yaitu uji validitas dan reliabilitas, uji asumsi klasik, analisis regresi linear berganda, model uji F, uji t, dan identifikasi determinan (R2). Hasil penelitian dapat diketahui bahwa secara simultan kualitas pelayanan yang terdiri dari Tangibles (X1), Assurance (X2), Responsiveness (X3), Reliability (X4), dan Empathy (X5) berpengaruh signifikan terhadap perilaku konsumen pada nasabah PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. KCP Makassar Sungguminasa. Hasil pengujiam secara parsial menunjukkan bahwa hanya tiga variabel yaitu Tangibles (X1), Responsiveness (X3), dan Reliability (X4) yang secara signifikan mempengaruhi perilaku konsumen pada nasabah PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk. KCP Makassar Sungguminasa.
Kata kunci: Kualitas pelayanan (Tangibles, Assurance, Reliability, Responsiveness, dan Empathy), perilaku nasabah

By | 2015-08-21T03:32:22+00:00 August 21st, 2015|Jurnal Progresif, Volume 4, No. 2 Pebruari 2011|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment