Peran pemetaaan ekonomi dan keuangan dalam perencanaan pembangunan daerah

///Peran pemetaaan ekonomi dan keuangan dalam perencanaan pembangunan daerah

Peran pemetaaan ekonomi dan keuangan dalam perencanaan pembangunan daerah

Ketua STIM Nitro Prof Marsuki DEA PhD. diundang oleh Badan Perencanaan Pembangunan Daerah Kota Pare-pare memaparkan peran pemetaaan ekonomi dan keuangan dalam perencanaan pembangunan daerah.

Prof Marsuki mengapresiasi kebijakan Taufan Pawe. “Saya kaget karena banyak hal yang dilakukan wali kota Parepare untuk membangun Parepare. Bagi saya, wali kota telah memenuhi nilai material dan nilai kemanusiaan sudah tercakupi. Dan yang menarik adalah beliau berangkat dari permasalahan yang ada dan kemudian mencari solusi,” papar Prof Marsuki.

Dijelaskan Prof Marsuki, perekonomian kota Parepare maju, tumbuh dan sejahtera. “Kenapa tumbuh? Karena Produk Domestik Regional Bruto (PDRB) dan pertumbuhan ekonomi juga tumbuh,” jelasnya.

Ditambahkan, hal yang menarik juga dari Parepare adalah Parepare merupakan daerah yang tingkat eksploitasi ekonomi cukup rendah berarti tingkat pemerataan ekonomi itu cukup tinggi dari waktu ke waktu dan tingkat kemiskinan semakin turun.

“Ini adalah jualan strategi yang bisa dikatakan pembangunan ideologi masyarakat secara berkeadilan sisa kita mencari sektor mana saja yang bisa dikembangkan,” tambah Prof Marsuki.

Dari pemetaan yang diperlihatkan Prof Marsuki, dari lima zona yang ada di Sulawesi Selatan, Kota Parepare memiliki sektor unggulan yakni, akomodasi, makanan, jasa keuangan, asuransi, real estate, dan jasa kesehatan.

 

sumber : http://news.rakyatku.com/amp/82898

By | 2018-01-22T04:37:38+00:00 January 17th, 2018|Latest|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment