Rencana Strategis

///Rencana Strategis

Rencana Strategis

Citra STIM Nitro 2013 dirumuskan 2 agenda pengembangan. Pertama peningkatan kualitas penyelenggaraan pendidikan yang dilakukan melalui upaya–upaya pengembangan dan penyempurnaan metode dan substansi pembelajaran agar mampu menghasilkan iuaran yang cerdas dan konpentif atau kompetensi dibidangnya, Kedua penataan lingkungan kampus agar mampu mendukung dan kondusif bagi kegiatan akademik, baik yang bersifat kurikuler maupun ekstrakurikuler.

PENINGKATAN KUALITAS PENYELENGGARAN PENDIDIKAN
Perwujudan STIM Nitro 2013 maka penyelenggaraan pendidikan diarahkan dengan mengacu pada pendidikan berkualitas.

  1. Kurikulum yang berwawasan holistik, dapat diakses dan tanggap terhadap pembelajaran dari masyarakat luas untuk mewujudkan STIM Nitro dapat mencerdaskan bangsa melalui penguasaan manajemen berbasis teknologi.
  2. Proses pembelajaran yang berbasis learning dan E-learning yang mendorong pembelajaran untuk mengkaji Teknologi Informasi dan Komunikasi sehingga menampakkan keunggulan sebagai Perguruan Tinggi yang unggul.
  3. Luaran yang memiliki kemampuan di bidang Manajemen Keuangan dan Perbankan yang adaptif dan aplikable.

STRATEGI STIM NITRO 

Strategi A

  1. Mengupayakan ketersedian beasiswa untuk mahasiswa yang berprestasi dan tidak mampu.
  2. Publikasi dan strategi promosi yang dapat meningkatkan awarness STIM Nitro  Makassar kepada calon-calon mahasiswa di seluruh Indonesia lebih khususnya di Indonesia timur. Publikasi ini ditempuh dengan menggunakan website, brosur, media surat kabar, TV dan kunjungan ke SMA/SMK, melakukan lomba –lomba yang bersifat akademik yang melibatkan sekolah SMA/SMK, dan menyelenggarakan kegiatan-kegiatan yang relevan dengan melibatkan guru, siswa dan orangtua siswa.
  3. Memberdayakan ikatan alumni STIM Nitro Makassar dalam mempromosikan almamaternya
  4. Penyempurnaan sistem penjaringan mahasiswa baru. Diupayakan secara sistematis akan terus dilakukan dengan penyempurnaan penjaringan calon mahasiswa baru yang cerdas, berbakat dan berprestasi akademik juga memiliki minat dan motivasi belajar yang tinggi.
  5. peningkatan kualitas proses pembelajaran, yang diupayakan metode Learning dan E-learning, dengan jaminan program studi menerapkan kurikulum yang telah disempurnakan. Pembelajaran kelas harus mampu menfasilitasi terciptanya komunikasi yang intensif antara dosen dan mahasiswa. Dengan demikian mahasiswa diberikan kesempatan untuk menggali pemahamannya terhadap materi pembelajaran. Disamping itu tugas – tugas pekerjaan rumah dan pratikum harus lebih insentif dan terstruktur sehingga mampu memperbaiki kemampuan berfikir kritis mahasiswa dalam bekerja secara individu dan berkelompok. Perlunya diadakan penyetaraan perkuliahan secara efektif dan penyempurnaan yang sedang berjalan.

Strategi B

  1. Penerapan sistem insentif yang dapat mendorong terciptanya perbaikan kualitas kinerja Dosen dan staf secara berkelanjutan.
  2. Peningkatan kualifikasi pendidikan staf akademik minimal Starata dua (S2).
  3. Pelatihan lokakarya metode pembelajaran berbasis Learning dan E-learning pelatihan PEKERTI dan AA bagi staf dosen perlu di intensifkan.
  4. Peningkatan ketersediaan dan kualitas fasilitas belajar dengan mengupayakan dana melalui anggaran pemerintah seperti PHK A1 dan A2
  5. Evaluasi kinerja dosen oleh mahasiswa tiingkatkan

PENATAAN KELEMBAGAAN

Tujuan program ini terbentuknya organisasi yang kinerjanya ditentukan oleh keberadaan unit kerja otonom yang kegiatannya dipandu oleh adanya badan organisasi yang kuat sesuai citra STIM Nitro 2013.

  1. Peningkatan relevansi, kompetensi dan kinerja setiap unit kerja di lingkungan STIM Nitro yang diharapkan bermuara pada peningkatan efisiensi dan kualitas output dalam penyelenggaraan visi, misi dan tujuan STIM Nitro Makassar.
  2. Peningkatan kualitas program studi dalam perencanaan dan penyelenggaraan kegiatan akademik.
  3. Pengorganisasian lembaga penelitian dan pengabdian kepada masyarakat lebih baik sehingga fungsi mengelola rencana penelitian dan pengabdian pada masyarakat dapat berjalan dengan baik.
  4. Pengembangan dan penyempurnaan sistem perencanaan dan penganggaran terpadu.
  5. Pengembangan Manajemen Sistem informasi STIM Nitro.
  6. Pengembangan kapasilitas Internet secara bertahap
  7. Akademik STIM Nitro dalam pengembangan dan penataannya perlu memperhatikan :

a).    Ratio mahasiswa dosen pada tahun akademik 2006/2007  = 1 : 30

b).    Rerata masa studi mahsiswa 4,87 tahun untuk Program Studi Manajemen (S1) dan 3,85 tahun untuk Manajemen Keuangan dan Perbankan (D3)

c).    Indeks prestasi komulatif mahasiswa tahun akademik  2006/2007 masih terdapat  49% mahasiswa dengan IPK > 3,00, diharapkan pada tahun 2013 IPK > 3,00 bisa meningkat menjadi 60%.

d).   Sampai dengan tahun akademik 2006/2007 baru 2 orang dosen tetap bergelar Doktor,  28 orang berpendidikan S2 dan 11 orang dosen dengan pendidikan S1. Pada tahun 2013 diharapkan sudah tersedia 14 orang dosen dengan gelar Doktor (S3) dan dosen tetap lainnya minimal punya kualifikasi pendidikan minimal S2.

 

MEWUJUDKAN STIM NITRO MENJADI  PERGURUAN TINGGI YANG UNGGUL

Setelah jadinya Gedung Grahana Pena, Badan Pengurus Yayasan Fajar Nitro Ujungpandang telah berkomitmen untuk menjadikan gedung yang sekarang sebagai FAJAR Pendidikan Centre. Dengan demikian Kampus STIM Nitro dapat dikembangkan dan akan lebih representatif. Hal ini diharapkan juga dapat meningkatkan brand image STIM Nitro terhadap masyarakat pada umumnya, sebagai perguruan tinggi yang mampu menhasilkan SDM “Cerdas” dalam bidang manajemen keuangan dan perbankan.

Dalam masa-masa mendatang (walaupun waktunya belum ditetapkan secara pasti), ada upaya dan komitmen Badan Pengurus Yayasan bersama jajaran yang ada untuk meningkatkan status STIM Nitro dari sebuah sekolah tinggi menjadi sebuah Institute Manajemen Keuangan dan Perbankan yang diharapkan mampu menghasilkan SDM cerdas dengan  daya saing bangsa yang meng-global.

By | 2011-04-15T22:03:32+00:00 April 15th, 2011|Profile|0 Comments

About the Author:

Leave A Comment